FAQ

PCPM adalah Pendidikan Calon Pegawai Pangkat Asisten Manajer, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.
Rekrutmen PCPM Angkatan 39 Bank Indonesia menggunakan 2 (dua) metode yaitu :
a. Open Recruitment
b. Targeted Recruitment
a. Open Recruitment
Open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.

b. Targeted Recruitment
Targeted recruitment merupakan salah satu jalur penerimaan PCPM Bank Indonesia yang dilakukan secara targeted bekerja sama dengan beberapa pihak, yang terbagi atas 3 metode, yakni:
  • Campus Hiring dalam negeri, yang dilakukan kerja sama dengan 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang termasuk ke dalam klaster utama berdasarkan pengelompokan dari Ditjen Diktiristek;
  • Campus Hiring luar negeri, yang dilakukan untuk merekrut lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang termasuk ke dalam peringkat Top 30 berdasarkan QS World Universities Ranking dan Times Higher Education by subject; dan
  • Referral, yang dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Penyedia Beasiswa.
  • Matematika
  • Statistika
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Ilmu Komputer
  • Sistem Informasi
  • Teknologi Informasi
  • Keuangan
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Administrasi
  • Ilmu Ekonomi
  • Studi Pembangunan
  • Ilmu Ekonomi Syariah
  • Prodi Teknik lainnya (sipil, arsitektur, kimia, lingkungan, mesin, elektro, fisika)
  • Sosial Ekonomi
  • Manajemen
  • Bisnis
  • Akuntansi
  • Hubungan Internasional
  • Psikologi
  • Agribisnis
Informasi mengenai jurusan/program studi dan persyaratan lainnya dapat dilihat pada poster yang terdapat di media cetak (harian Kompas), media sosial Bank Indonesia, website Bank Indonesia, dan website recruitment https://www.pcpm39rekrutmenbi.id/.
Bank Indonesia hanya akan mengundang pelamar yang dinilai memenuhi persyaratan dan/atau kualifikasi yang ditetapkan untuk mengikuti proses seleksi PCPM Angkatan 39 Bank Indonesia.
Periode pelaksanaan online application dilakukan mulai tanggal 12 Agustus 2024 (Pukul 00.01 WIB) sampai dengan tanggal 17 Agustus 2024 (Pukul 23.59 WIB).
  1. Sediakan waktu sekitar 30 - 45 menit untuk melakukan pengisian data.
  2. Bacalah seluruh ketentuan/informasi yang terdapat pada situs-web
  3. Siapkan softcopy foto dan berkas administrasi yang dipersyaratkan.
  4. Pastikan Anda telah menggunakan komputer dengan koneksi internet yang stabil.
  • Silakan Anda melakukan registrasi pada menu "Login" dengan mengisi data-data yang dibutuhkan atau Anda dapat menggunakan tombol login dengan menggunakan akun google untuk mempermudah.
  • Jika Anda login dengan menggunakan akun google, maka Anda akan terdaftar dengan menggunakan akun google yang terhubung dengan browser Anda.
  • Jika Anda masuk dengan menggunakan tombol register, Email aktivasi akun akan dikirimkan ke alamat email Anda setelah registrasi (maksimal 24 jam setelah Anda register, silahkan cek di folder INBOX/SPAM/JUNK), silakan klik tautan yang ada di email untuk melakukan aktivasi.
  • Login ke website dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang tertera pada Email aktivasi.
  • Isi seluruh data yang diminta secara lengkap dan unggah dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan sebelum mengirimkan lamaran.
  • Setelah melengkapi data silakan klik Status Aplikasi di bagian kiri atas.
  • Operating System Windows based minimum Windows 10 atau versi terbaru, Linux, dan MAC.
  • Komputer/laptop minimal prosesor core i3 atau setara.
  • Koneksi internet dengan kecepatan akses download 1Mbps ke atas (untuk menunjang kestabilan koneksi Anda).
Agar tampilan situs-web dapat lebih optimal, disarankan untuk menggunakan browser yang sudah terupdate dengan versi minimal Google Chrome versi 127, Mozilla Firefox versi 129, Microsoft Edge versi 127.
Ya, Anda dapat menggunakan perangkat tersebut selama terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Namun demikian, kami lebih menyarankan Anda menggunakan komputer atau laptop agar dapat memperoleh tampilan situs-web yang optimal serta memudahkan pengisian data pada Formulir Pendaftaran.
Pastikan username dan password yang dimasukkan sudah lengkap dan sesuai dengan yang telah Anda input pada formulir pendaftaran. Jika Anda lupa password yang digunakan, silahkan klik Lupa Password.
  • Bagi Anda pengguna akun Gmail, kami menganjurkan Anda untuk menggunakan fitur "Sign-in dengan Google" sehingga tidak perlu menunggu email aktivasi.
  • Bagi Anda pengguna selain akun Gmail, di beberapa server email, email aktivasi kami mungkin terdeteksi sebagai SPAM. Harap cek email Anda di folder SPAM/Bulk atau folder lainnya yang memungkinkan email kami terfilter secara otomatis. Email aktivasi akan otomatis terkirim ke email Anda maksimal 1x24 jam. Jika Anda masih belum menerima email aktivasi tersebut setelah 1x24 jam harap hubungi kami kembali.
Dokumen yang disampaikan pada saat pengisian aplikasi online adalah:
  • Scan identitas diri (KTP) - mandatory
  • Scan ijazah - mandatory
  • Scan transkrip nilai - mandatory
  • Scan SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan Surat Hasil Konversi IPK dari Ditjen Diktiristek (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri) - mandatory. Apabila masih dalam proses, maka kandidat menyampaikan bukti masih dalam pemrosesan (antara lain screen capture email dari Ditjen Diktiristek), dan wajib menyampaikan sebelum mengikuti Tahap Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri;
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) - mandatory. Apabila SKCK sudah habis masa berlakunya, maka kandidat tetap wajib menyampaikan SKCK yang masih berlaku, sebelum mengikuti Tahap Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri;
  • Scan sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikan keahlian (apabila ada).
  1. Ketentuan foto setengah badan:
    1. Pakaian:
      • Pria: kemeja rapi, warna bebas (tidak diperkenankan warna putih dan batik).
      • Wanita: kemeja rapi, warna bebas (tidak diperkenankan warna putih dan batik).
    2. Posisi badan Miring ke kanan dengan wajah lurus ke kamera
    3. Background polos warna putih
    4. Ukuran foto sampai bagian ikat pinggang, bagian kiri dan kanan full terlihat pundak/tangan.
    5. Resolusi foto tidak pecah.
  2. Ketentuan foto full badan:
    1. Pakaian:
      • Pria: kemeja rapi, warna bebas (tidak diperkenankan warna putih dan batik).
      • Wanita: kemeja rapi, warna bebas (tidak diperkenankan warna putih dan batik).
    2. Posisi badan dan wajah lurus ke kamera
    3. Background polos warna putih
    4. Resolusi foto tidak pecah.
Apabila Ijazah/Transkrip Nilai asli Anda ditahan oleh tempat Anda bekerja saat ini karena adanya ikatan dinas/ikatan kerja, maka anda tetap dapat mengisi lamaran dan mengikuti proses seleksi sepanjang memenuhi persyaratan dan lolos dalam tiap tahapan seleksi. Apabila Anda selanjutnya dinyatakan lulus seleksi tahap akhir maka Anda wajib menyampaikan ijazah asli yang dimiliki.
  1. Anda tetap dapat melamar sepanjang sudah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan minimal sesuai kualifikasi. Untuk sementara Anda dapat menyampaikan Surat Keterangan Lulus/SKL (sebagai pengganti ijazah) dan Transkrip Nilai Sementara (bukan Kartu Hasil Studi) sebagai pengganti Transkrip Nilai yang sudah mencantumkan seluruh nilai yang diperoleh yang telah disahkan oleh perguruan tinggi (Legalisir).
  2. Anda wajib menyampaikan dan menunjukkan bukti ijazah asli dan transkrip nilai resmi, selambat-lambatnya pada Tahap Seleksi Psikologi.
  3. Selanjutnya, apabila peserta lolos hingga seleksi tahap akhir, maka Anda wajib menyampaikan dokumen asli Ijazah dan Transkrip Nilai resmi.
Tidak, Anda hanya dapat mengganti dengan Transkrip Nilai yang sudah mencantumkan seluruh nilai yang diperoleh yang telah disahkan oleh perguruan tinggi (Legalisir).
Anda tetap dapat melakukan registasi/melamar dalam program rekrutmen ini dengan melampirkan ijazah dan transkrip nilai asli yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi LN yang anda miliki. Namun, scan SK penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek tetap wajib Anda sampaikan sebelum tahap Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri.
Anda dapat melihat status lamaran Anda pada halaman status aplikasi. Pastikan status Anda sudah berubah menjadi "Anda telah melamar sebagai…".
Tidak. Mohon diperiksa kembali seluruh data-data Anda sebelum Anda mengirimkan lamaran.
Tidak perlu mengirimkan berkas secara fisik saat pendaftaran secara online. Anda cukup mengunggah dokumen sesuai yang dipersyaratkan.
Pada setiap tahapan seleksi diberlakukan sistem gugur. Hanya kandidat yang dinyatakan memenuhi kualifikasi yang akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Seleksi Administrasi;
  • Tes Potensi Dasar;
  • Tes Pengetahuan Teknis;
  • Tes Psikologi;
  • Tes Kesehatan dan Psikiatri;
  • Seleksi Tahap Akhir
Seluruh Proses Rekrutmen PCPM Bank Indonesia ini tidak dipungut biaya apapun. Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia dan EXPERD Consultant. Apabila terdapat pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam proses seleksi ini, harap Anda melaporkan kepada Call Center.
Perhatikan status aplikasi Anda pada situs-web yang memuat informasi mengenai jadwal dan media pengumuman hasil seleksi. Sebagai pengingat, khusus bagi peserta yang dinyatakan lulus dan diundang ke tahapan berikutnya, juga akan dikirimkan email secara massal sebelum dan/atau selama periode pengumuman ditayangkan.
Anda tetap diperkenankan untuk melamar pada seleksi penerimaan selama Anda memenuhi persyaratan administrasi. Namun, apabila dinyatakan lulus seleksi, Anda hanya dapat bekerja di Bank Indonesia selama tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai di Bank Indonesia dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Saudara (kandung / tiri / angkat) yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik)
  2. Suami / Istri yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik); atau
  3. Orang tua (kandung / tiri / angkat) dan mertua yang kedua-duanya masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan Bank Indonesia (organik / non organik). Peserta hanya diperkenankan memiliki salah satu hubungan keluarga dengan orang tua atau mertua saja.
Anda dimungkinkan untuk mengikuti kedua jalur secara bersamaan, namun apabila telah diterima melalui jalur targeted recruitment maka proses seleksi di jalur open recruitment tidak dilanjutkan.
Tidak ada perbedaan perlakuan setelah dinyatakan lolos seleksi. Peserta dari jalur targeted maupun open recruitment akan menjalani masa pendidikan (program on boarding) bersama-sama sebagai peserta PCPM.
Anda hanya perlu berdoa, istirahat yang cukup, dan makan pagi sebelum mengikuti proses seleksi. Informasi lainnya terkait persiapan menghadapi tahapan tes akan disampaikan pada saat pengumuman untuk setiap tahapannya.
Penulisan angka IPK bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri tetap dilakukan dengan menggunakan format IPK Indonesia (maksimal 4,00). dengan mengacu kepada surat hasil konversi IPK dari Kemendikbudristek.
  • Komputer/laptop minimal prosesor core i3 atau setara dan memiliki webcam
  • Memiliki Ram 4GB
  • Memiliki HDD 500 GB
  • Mouse & keyboard yang berfungsi dengan baik.
  • Browser Google Chrome, Mozila Firefox, atau Microsoft Edge versi terbaru. Tidak disarankan menggunakan selain ketiga browser tersebut.
  • Koneksi internet yang stabil (sangat disarankan dengan kecepatan akses download 384kbps ke atas). Cek melalui https://www.speedtest.net/id
  • Pastikan Camera Anda aktif dan tidak tertutup
  • Tidak menggunakan mobile phone atau tablet
  1. Hasil setiap tahapan selesi akan diumumkan melalui email (no-reply@pcpm39rekrutmenbi.id) pada akun yang didaftarkan dan menu "Status Aplikasi" pada masing-masing kandidat serta melalui website rekrutmen ini
  2. Anda dapat melakukan pengecekan inbox pada email Anda. Apabila tidak terdapat email pemberitahuan pada inbox, silakan melakukan pengecekan pada spam atau all email. Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi. Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted candidates) berdasarkan penilaian Bank Indonesia yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahapan berikutnya.
Tidak. Semua biaya transportasi dan akomodasi dalam rangka menghadiri tes merupakan tanggungan pribadi peserta.
Silakan menghubungi Contact Center Rekrutmen pada halaman Hubungi Kami.
Pelaksanaan seleksi Tes Psikiatri dan tes Kesehatan akan dilakukan pada 11 (sebelas) kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, dan Manado. Peserta harus memilih salah satu kota dari 11 kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan Tes Psikiatri dan Tes Kesehatan. Segala bentuk biaya transportasi dan akomodasi yang timbul dari pemilihan lokasi Tes Psikoatri dan tes Kesehatan akan menjadi tanggung jawab peserta.
Anda tidak diperkenankan pindah kota lokasi tes apabila sudah memilih kota pada tahap pendaftaran atau pengisian online application.
Anda diharapkan untuk teliti dan fokus dalam melakukan pengisian data pada formulir ataupun menyampaikan dokumen di web rekrutmen PCPM Angkatan 39. Segala bentuk informasi yang telah disampaikan peserta tidak dapat diubah, dan Panitia Seleksi PCPM Angkatan 39 tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kelalaian peserta dalam pengisian data/informasi yang berimplikasi terhadap keikutsertaan peserta dalam seleksi PCPM Angkatan 39.
Dokumen yang sudah disampaikan menjadi milik Bank Indonesia dan tidak dapat dikembalikan.
Jika peserta memilih opsi Tidak, maka tidak dapat melanjutkan pengisian data dan tidak dapat melanjutkan proses lamaran.
Perangkat pada saat tes trial dan tes online sebaiknya sama. Jika perangkat yang digunakan pada saat tes trial sudah benar dan tidak mengalami kendala, maka tidak menggunakan perangkat lainnya. Jika pada saat pelaksanaan tes trial mengalami kendala perangkat, silakan coba mengganti dengan perangkat lainnya.
Selama pengisian aplikasi lamaran online, contact center dibuka selama 24 jam. Untuk tahapan berikutnya, layanan contact center dibuka pada jam kerja. Khusus selama pelaksanaan tes online terdapat media layanan lain yang diberikan yakni media chat (whatsApp)
Anda masih dapat melanjutkan pengisian aplikasi pendaftaran online selama belum klik tombol APPLY & SETUJU.
Sistem akan menyimpan hasil kerja Anda sampai yang terakhir anda kerjakan, jika Anda telah menekan tombol “Submit”. Apabila terjadi kondisi listrik padam atau gangguan jaringan maka Anda dapat mengulang kembali proses pengerjaan tes online mulai dari halaman terakhir dengan sisa waktu yang ada. Pada saat listrik padam atau gangguan jaringan, waktu pengerjaan tes akan tetap berjalan sesuai dengan waktu mulai di awal pengerjaan.
Pelaksanaan tes ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeure dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat tes online tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 50 (lima puluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespons / tidak merespons, melayani / tidak melayani permintaan online test ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia Seleksi.
Anda dapat klik tombol lupa password di halaman login. Kemudian reset password akan dikirimkan ke email yang didaftarkan.